Skip to main content

Pengembangan Kurikulum Pembelajaran PAI SD/SDLB angkatan 3 di Bekasi"

1

Dirjend Pendis menyelenggarakan kegiatan "Pengembangan Kurikulum dan Pembelajarn PAI SD/SDLB angkatan 3 pada hari Rabu - Jum'at tanggal 15 - 17 September 2021 di Hotel Santika Mega City Bekasi. Kegiatan tersebut diikuti 40 peserta dari 38 Provinsi.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Ditjen Pendis Kemenag RI, Bpk. Dr. Rohmat Mulyana Sapdi. Dalam sambutan beliau menyampaikan GPAI punya tugas yang luar biasa karena berurusan dengan hal ghaib. Saat ini yang hadir adalah perwakilan dari Jawa, tidak semua GPAI mendapatkan kesempatan ini maka bersungguh-sungguhlah agar setelah ini bisa mengimbaskan pada GPAI di wilayahnya masing-masing. peserta yang masuk 5 besar akan dipanggil untuk pembuatan kisi dan naskah soal ujian akhir sekolah. 

GPAI dalam menentukan hari belajar efektif, hari efektif belajar, minggu belajar efektif, minggu efektif belajar harus berdasar kalender akademik dan jadwal pembelajaran yang riil sehingga dapat diketahui dengan lebih rinci jumlah pertemuan selama 1 semester untuk pembelajaran.

1

dalam Permendikbud  No 43 Tahun 2019 dan Penyelenggaraan UN 2021 diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survey karakter. asesmen nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah, dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter).

mengapa perlu ada asesmen? asesmen bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid , memperbaiki kualitas belajar mengajar, meningkatkan mutu pendidikan asesmen nasional menghasilkan informasi, perkembangan mutu dari waktu ke waktu, kesenjangan dalam pendidikan, dan memberi gambaran tentang karakter. setelah kegiatan ini berakhir, peserta dapat mengintegrasikan nilai - nilai moderasi beragama dalam RPP, menyusun RPP diferensiasi, menganalisis RPP terkait dengan internalisasi moderasi dan konsep diferensiasi. 

Narator : Hasim Mujadi (Ketua KKG PAI SD/SDLB Kota Blitar) dan peraih juara 1 peserta terbaik.

 

Post format
standard
The website encountered an unexpected error. Please try again later.